Lembaga

PENDIDIKAN
A. Lembaga  Pendidikan  Al – Qur’an  ( LPQ )  “ Cahaya  Al – Qur’an “
            Salah  satu   cara  untuk menanamkan keimanan,  keikhlasan dan ketakwaan sejak  dini adalah memberikan pelajaran Al – Qur’an sejak anak masih kecil.
            Kemampuan membaca  dengan baik  dan benar  adalah  kebutuhan  yang  sangat  mendesak,  oleh karenanya  Ponpes  Terpadu  At ~ Tadzkir Kaliaren  mencoba  memberikan  metode  yang  bisa mempermudah  dan  mempercepat anak  mampu  membaca       Al – Qur’an  dengan  baik  dan  benar  yang  tetap berpegang  pada kaidah  Nahwiyyah, Shorfiyyah dan  Ayyatul  Qur’an. 
            Setelah  beberapa  kali mengadakan penelitian  dan   kajian,  maka  Ponpes Terpadu At ~ Tadzkir  Kaliaren  menerapkan  metode  AN – NAHDHIYYAH  dari  Lembaga  Pendidikan  Ma’arif   Tulung  Agung, dengan  pertimbangan  sesuai  dengan jiwa  ahlussunah  waljama’ah. Dan  metode  ini dipopulerkan  dengan  nama “ Cepat  tanggap  belajar  Al – Qur’an  AN – NAHDHIYYAH “.
            Secara  singkat  tujuan  yang  akan  dicapai memberantas buta  huruf  Al – Qur’an  dan  mempersiapkan  anak  mampu membaca  dengan  baik  dan  benar, memupuk  rasa  cinta  pada    Al – Qur’an  yang  pada  akhirnya  mempersiapkan  anak  untuk  menempuh  jenjang  pendidikan  agama  lebih  lanjut  yaitu  madrasah  diniyyah.
            Kegiatan  belajar  mengajar  metode ini alhamdulillah  sudah  berjalan  di dusun  Mambe  Desa  Sumber  Jatipohon  Kabupaten  Grobogan  dengan  jumlah  santri  136  dengan perencanaan jangka waktu pendidikan 3 tahun (anak berumur  7 - 9 tahun ) sehingga di kala anak memasuki pendidikan dasar sudah berbekal membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar dan memahami dasar keagamaan.

B. Madrasah Diniyah
            Madrasah Diniyah adalah program lanjutan pendidikan setelah anak lulus di LPQ ,di Madrasah ini materi yang disampaikan adalah dasar –dasar agama, sedang alokasi pendidikanya 3 tahun anak berumur ( 10,11,12 tahun ).
            Madrasah Diniyah di Ponpes Terpadu At-Tadzkir Kaliaren sudah berjalan semenjak tahun 1999 yang bertempat di Dusun Nglawu Desa Tirem Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan, dengan harapan anak didik bisa menguasai pelajaran sehingga anak bisa meneruskan kejenjang berikutnya yaitu Mts / Madrasah Salafi / Madrasah Hufadh.

C. Madrasah Hufadh
            Madrasah Hufadh adalah Madrasah yang khusus menekuni dibidang       Al-Qur’an baik binadhor maupun bilghoib dan juga Qiroah Sab’ah. Selain itu juga di Madrasah ini juga diajarkan pelajaran-pelajaran yang menunjang pada pemahaman Al-Qur’an Madrasah Hufadh di Ponpes Terpadu At-Tadzkir Kaliaren masih dalam tahap persiapan, namun dari Hufadh sudah siap dari santri Ponpes Terpadu At-Tadzkir Kaliaren itu sendiri.

D. Madrasah Salafi
            Madrasah ini menitik beratkan pada materi- materi keislaman yang salafi, tanpa ada materi umum atau yang lebih umum disebut kitab kuning. Kegiatan inisudah berjalan di Ponpes Terpadu At-Tadzkir Kaliaren.

E. Madrasah Tsanawiyyah dan Aliyyah
            Adalah lembaga pendidikan setingkat SMP dan SMA yang memadukan antara pelajaran agama dengan umum dan mendapat pengakuan dari departemen pendidikan atau departemen agama. Program pendidikan ini direncanakan sudah bisa dibuka pada tahun 2007 yang akan datang.

F. Majlis Ta’lim
            Majlis Ta’lim Ponpes Terpadu At-Tadzkir Kaliaren yang pada awalnya hanya sebuah mushola kecil seperti diterang di atas namun melihat perkembangan bisa diterima dari seluruh lapisan masyarakat majlis ta’lim ini bernama majlis ta’lim AT-TADZKIR dengan agenda kegiatan pengajian mujahadah BURDATUL MANAQIB setiap malam tanggal 15 jawa di Ponpes Terpadu At-Tadzkir Kaliaren yang isi pengajian adalah menitik beratkan pada pembenahan nilai tauhid dan peningkatan nilai-nilai ibadah dan amal soleh, dengan tujuan kegiatan adalah membentuk pribadi muslim yang berkepribadian Rasulullah.
            Karena banyaknya masyarakat yang mengikuti kegiatan pengajian yang bergabung dengan Majlis AT-TADZKIR  maka dibuatlah cabang-cabang pengajian yang sekaligus berfungsi sebagai tempat mengkaji, membimbing dan mengarahkan umat untuk beribadah, cabang-cabang di pengajian ini diketuai oleh ustadz atau kiai baik yang ada di Kab. Grobogan maupun diluar kabupaten 

LPQ
Majlis Ta'lim
Madrasah Diniyah
Madrasah Tsanawiyah
Madrasah Salafi
Madrasah Alawiyyah

SOSIAL KEMASYARAKATAN
A. Panti Asuhan
     Panti Asuhan di Ponpes Terpadu At-Tadzkir Kaliaren adalah suatu tempat penampungan bagi fakir miskin dan anak-anak yang tidak mampu untuk dipersiapkan menjadi pribadi muslim yang berkepribadian Rasulullah

B. Panti Jompo
    Panti Jompo di Ponpes Terpadu At-Tadzkir Kaliaren adalah suatu wadah bagi orang yang lanjut usia agar kehidupan mereka lebih tertata, terarah terbimbing didalam mempersiapkan kembali kepada Allah SWT. ( Program pengembangan Ponpes Terpadu At-Tadzkir Kaliaren yang akan mendatang )

C. Rehabilitasi Orang Gila
       Di dalam perkembangannya Ponpes Terpadu At - Tadzkir Kaliaren mencoba memberikan kemanfaatan bagi seluruh lapisan masyarakat dengan semaksimal mungkin di dalam program kemasyarakatan. Hal ini sudah berjalan yang di antaranya yaitu Rehabilitasi Orang Gila yang berpusat di Dusun Lengki Desa Taruman Kec. Klambu di mana Rehabilitasi ini menggunakan cara metode berdzikir agar kembali menjadi pribadi muslim yang bisa kembali sebagai fitrah manusia yaitu mengabdikan hidupnya, angan, akal, kepada Allah SWT, dan dapat diterima kembali di lingkungan keluarga khususnya dan di masyarakat pada umumnya.

USAHA DAN KETRAMPILAN
A. Kopontren Amanah
   KOPONTREN  (Koperasi Pondok Pesantren) AMANAH. Seiring dengan program pemerintahan yaitu mengangkat perekonomian masyarakat pedesaan dituntut untuk siap hidup mandiri, siap menghadapi kehidupan, Ponpes Terpadu At - Tadzkir Kaliaren berusaha memberikan solusi dengan mendirikan Kopontren pada tahun 1999 dengan No. STPBH : 08/ BH/ KWK – 11-4/ II/ 1999 tertanggal 3 Februari 1999.  Dengan agenda kegiatan di dalam Ponpes Terpadu At – Tadzkir Kaliaren memenuhi segala kebutuhan, para guru, para santri khususnya dan umumnya pada masyarakat sekitarnya. Sedangkan agenda kegiatan di luar Ponpes Terpadu At-Tadzkir Kaliaren menjalin kerjasama dengan para pengusaha dalam keahlian dan ketrampilan guna mempersiapkan kemandirian para santri khususnya dan masyarakat umumnya.

B. PT. Mustika  Farma  Abadi
      Perusahaan  yang  didirikan  atas  kerja  sama  dengan  Ponpes Terpadu    At - Tadzkir  Kaliaren  dengan salah  seorang  investor,  bergerak  dalam  bidang farmasi  dan  distributor alat  kesehatan.  Pedagang  Besar  Farmasi  Farmasi (PBF)  Mustika  Farma  Abadi  merupakan  sebuah  divisi  usaha  yang  bertujuan  untuk  memberikan  latihan  dan  usaha  kepada  para  santri  yang  punya keahlia  dan bakat di  bidang management  perusahaan.
      PT. MFA  berdiri  pada  bulan  Mei 2003  dan berpusat di  Yogyakarta  dengan  usaha  pengembangan  atau  cabang – cabang  di wilayah Jawa  Tengah.

C. Kerja  Sama  dengan  Perusahaan  Sekitar
      Seperti  tujuan awal  yaitu  mendidik  santri  menjadi  manusia  yang  berguna  maka  Ponpes Terpadu At – Tadzkir  Kaliaren di dalam mengembangkan  bakat  dan  kemampuan santri,  membuka  kerja  sama  dengan perusahaan  di  sekitar  dalam  berbagai bidang  :
  1. PT. SAMPURNA  KUNINGAN  JUWANA
Dengan  tujuan  : Memberi  santri  untuk  berlatih  kerajinan  kuningan  dan memasarkannya.
  1. FATMA  MEUBLE  JEPARA
Dengan  tujuan  :  Memberi  kesempatan  santri  untuk berlatih  tenik perkayuan  dan  pemasaran.  Alhamdulillah  pada  tanggal  20  April  2004  berhasil  eksport  1 kontainer  ke  Malaysia, dan  masih  banyak pesanan  dari luar  negeri,  namun  karena  keterbatasan  belum berjalan  dengan  lancar.

PELAYANAN  TES  PSIKOLOGI
       Dunia  pendidikan  merupakan  pintu  gerbang menuju  keberhasilan, kesuksesan  dan  kemajuan. Peran  pendidikan  sangat  besar  di  dalam  menciptakan  Sumber  Daya  Manusia  yang  berkualitas. Oleh  karenanya  untuk  menciptakan  SDM  yang  berkualitas  sejak  dini, dan  dapat  mengetahui  semua  potensi  yang  ada  pada  diri  manusia  diperlukan  suatu  cara  untuk  mengetahui  tingkat  kemampuan seseorang  yaitu  tahu  akan  kelebihan  dan  kekurangan  yang  dimilikinya  seseorang, sehingga  dapat  digali  lebih  dalam  kelebihan  yang  dimilikinya  dan  memperbaiki  kekurangannya.
     Mitra  Cendekia  Yogyakarta  ( MCY ) merupakan  salah  satu  lembaga  di bawah  naungan  Ponpes Terpadu At ~ Tadzkir  Kaliaren  yang  sudah berdiri  pada tahun 1999  dan  sudah  berpartisipasi  di dalam  mempersiapkan  anak  didik yang  berkualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar